Senin, Juli 20, 2009

Isra Miraj Momentum Benahi Shalat

Peringatan Isra Miraj merupakan momentum bagi umat Islam untuk membenahi shalat agar lebih bermanfaat, sehingga dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar.

"Dengan adanya peringatan Isra Miraj kita diingatkan untuk tidak hanya sekadar menjalankan shalat," kata dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Syakir Jamaluddin MA menjelang peringatan Isra Miraj 1430 Hijriyah di Yogyakarta, Minggu (19/7).

Menurut Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY itu, peringatan Isra Miraj merupakan momentum untuk mengingatkan umat Islam tentang shalat. Umat Islam diingatkan untuk membenahi shalat agar lebih baik.


"Isra Miraj merupakan perintah shalat yang menjadi kewajiban umat Islam dan harus ditaati. Seperti yang tercantum dalam Al Quran Surat Al-Ankabut ayat 45 disebutkan bahwa shalat dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar," katanya.

Ia mengatakan, shalat yang baik adalah shalat yang fungsional. Shalat fungsional adalah shalat yang ketika dilakukan mampu mengubah seseorang menjadi lebih bermakna dalam kehidupan pribadi dan sosial. Ketika ditanya bagaimana seseorang dapat menjalankan shalat secara fungsional, ia mengatakan hal itu dapat diawali dengan sering bangun pada sepertiga malam untuk menunaikan shalat malam.

"Di saat sepertiga malam itulah, shalat yang dijalankan dapat menguatkan hati kita. Selain bangun di sepertiga malam shalat berjamaah juga perlu digiatkan, shalat berjamaah merupakan cerminan kebersamaan," katanya.

Ia mengatakan, jika seseorang mempunyai spiritualitas bagus, shalat yang dijalankan akan berdampak terhadap perbuatannya. Spiritualitas yang bagus itu sendiri dibangun dengan nilai-nilai shalat yang benar sesuai syariat Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. "Jika seseorang bisa meyakini dengan kehadiran Allah SWT, apa pun yang menimpa dirinya akan diterimanya, takdir baik atau takdir buruk semua disyukuri," katanya.

Menurut dia, adanya kejahatan maupun perbuatan buruk lainnya itu terjadi karena mereka tidak sejahtera dan tenteram, sehingga muncul pikiran untuk merampas hak orang lain. "Shalat mempengaruhi kita untuk berbuat baik dengan saudara, tetangga, teman, dan kerabat sehingga pada akhirnya nanti akan berdampak mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar," katanya.

http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/07/19/19483699/isra.miraj.momentum.benahi.shalat

7 komentar:

  1. setuju banget mas. semoga shalat kita bisa semakin baik nkhusyuk. amiiin...

    BalasHapus
  2. artikel yg bagus ..sesuai dengan peringatan hari ini yaitu isro dan mi'raj.Oh ya kita sebagai umat dngan isromi'rajnya semoga selalu bermanfaat ...

    BalasHapus
  3. ~inspirasi Hidupku~ : Insya Allah,semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam beribadah

    ateh75 : InsyaAllah mbak..

    BalasHapus
  4. postingan-mu dan peringatan insra-mi'raj inspiratif bro... sebagai umat muslim memang wajib menjalankan shalat, walau tekadang penurunan kualitas iman mendera... tapi semoga seluruh umat muslim memperbaiki kualitas ibadahnya setiap hari... amin... karena mengingat ALLAH SWT itu penting...

    BalasHapus
  5. artikel ya bagus kawan. semoga peristiwa isra' mi'raj ini selalu mengingatkan kita akan pentingnya SHALAT.

    :)

    BalasHapus
  6. Mudah2an aku bisa bwt postingan "Adzan momentum benahi sholat".

    BalasHapus
  7. ilmu inspirasi air: penurunan aktivitas ibadah emg sering terjadi mas, tetapi disitulah letak kita untuk belajar disiplin dan konsisten

    fitri alifah : Insya Allah

    re-saintazkiya : Insya Allah kawan..selama kita mau bisa koq..

    BalasHapus

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service
 

The Humble Boy-Success is going from failure to failure without a loss of enthusiam-Winston Churcill